Channel Mekah dan Madinah Gelap di Parabola, Begini Cara Mengatasinya

Solusi siaran Mekah Madinah yang gelap di Parabola
JEMBER, Beritadi.com – Terkadang penonton mengeluhkan siaran muslim (dakwah) tidak muncul atau gelap. Padahal sebelumnya, channel islam termasuk Mekkah dan Madinah masih bisa ditonton melalui antena parabola jaring C-Band.

Baca juga: Cara Mengatasi Metro TV Gambarnya Pelangi

Seperti yang sudah diketahui, hilangnya siaran TV umumnya bisa disebabkan oleh berbagai faktor, mulai dari cuaca hingga perubahan satelit dan frekuensi yang digunakan.

Akibatnya, pengguna siaran TV digital parabola Seperti Insan TV, Ashiil TV, Surau TV, Ahsan TV, Muadz TV, Rasyaad TV, Naajiya TV, Hijrah TV, Al-Iman TV, Niaga TV, Salam TV, Sunna TV (Arabia), Quran TV (Arabia), Bin Baz TV, Al-Furqon TV, BETV, RB TV, TVRI Sumatera Selatan, dan Jogja Istimewa tidak bisa karena channel-nya sekarang gelap.

Cara mengatasi

Meski hal tersebut terkesan lumrah terjadi, tapi hilangnya saluran TV tidak jarang membuat panik orang yang mengalaminya. Pun demikian halnya dengan channel islam yang tak ditemukan di satelit Telkom 4 C-Band.

Buat yang tengah mengalami hal serupa, Anda tak perlu khawatir, simak pembahasan berikut selengkapnya.

Pastikan posisi antena sudah tepat. Jangan sampai ada kabel yang terlepas dan putus, serta receiver berfungsi dengan baik supaya jaringan sinyal parabola tetap aman dan stabil.

Menambahkan transporder (TP)

Selanjutnya, yaitu menambahkan frekuensi intech terbaru yaitu 3773 H 10280.

Untuk menambahkan frekuensi transponder (TP) setiap recevier caranya berbeda-beda. Disini mimin beri contoh untuk pengguna K-Vision Gerdiner Ottimo.

Ambil remot, tekan menu, pilih pengaturan Antena, arahkan ke satelit yang digunakan misal KVISION C atau untuk pengguna Nex Parabola cari Nex Telkom 4 C Band. Pilih Daftar TP atau tekan warna hijau di remot. Kemudian tambah TP atau tekan warna hijau, masukkan frekuensi (TP) yang diinginkan, lalu gulir ke bawah tekan OK.

Langkah selanjutnya arahkan kursor ke frekuensi tekan OK (centang) kemudian tekan warna biru di remot, tekan OK kemudian otomatis scan atau mencari channel terbaru.

Jadi dengan mengganti atau menambahkan frekuensi terbaru, maka secara otomatis siaran channel islami bisa normal kembali. Alhamdulillah semoga artikel ini bermanfaat ya :)

Berita lainnya

Leave Comment Hide Comment