Cara Mudah Serta Alami untuk Mengatasi Sakit Perut yang Melilit

JEMBER, beritadi (10/24/2019) – Jenis penyakit perut memang tidak bisa dianggap sepele karena sakitnya terkadang terasa melilit dan sangat menyiksa. Bukan hanya orang dewasa, tetapi bahkan disemua usia bisa terkena yang namanya sakit perut.

Mungkin ada beberapa faktor menjengkelkan yang berkontribusi pada gejala, yang dapat membuat hidup benar-benar menyedihkan sekali.

Beberapa gejala dasar yang terkait dengan masalah kesehatan pencernaan yang mengganggu ini adalah:

1. kontraksi usus yang tidak menentu dan tidak terkoordinasi.
2. buang air besar yang menyakitkan yang disebabkan oleh konstipasi atau diare
3. perasaan kembung atau mual setelah makan
4. perut kembung atau suara gemericik dalam usus
5. mulas
6. mulas yang disebabkan oleh insomnia
7. sakit kepala

Biasanya gejala ini ditandai dengan memiliki kesulitan dengan asimilasi makanan normal, menyerap nutrisi dari makanan, dan menghilangkan limbah melalui saluran pencernaan. Akibatnya, racun dan lendir dapat menumpuk di dalam usus dan akhirnya bisa menembus lapisan usus besar yang bocor ke dalam aliran darah.

Namun, sampai saat itu, itu tidak dianggap sebagai kondisi serius atau mengancam jiwa. Ini tidak sering dipandang sebagai penyakit tunggal, tetapi lebih seperti kombinasi dari gejala sistemik yang unik untuk penderita.

Penyebab q

Kebanyakan orang tidak berpikir terlalu lama atau keras tentang apa yang mereka makan dan minum setiap hari. Sebagai budaya modern, kita adalah gaya hidup yang benar-benar asing bagi nenek moyang kita, dan kita harus bergantung pada makanan dan minuman yang diproses secara berlebihan, untuk mengakomodasi gaya hidup mandiri kita.

Hal tersebut biasanya terlalu banyak mengonsumsi produk susu pasteurisasi, gula rafinasi, pemanis buatan, lemak trans, lemak tak jenuh ganda, biji-bijian olahan yang dapat menyebabkan alergi makanan. Seiring dengan praktik diet yang tidak sehat ini, kami menambahkan penghinaan terhadap cedera dengan meminum terlalu banyak alkohol, kafein, dan makan pada banyak makanan pedas yang selanjutnya akan mengiritasi lapisan halus di saluran usus.

Faktor penting lain yang hilang di dalam usus banyak orang adalah persediaan besar kuman yang baik. Tingkat bakteri menguntungkan sangat rendah bagi kebanyakan orang. Mengapa? Hal ini dapat dikaitkan dengan penggunaan yang luas dari persediaan air kota yang berfluoridasi dan diklorinasi.

Penggunaan antibiotik yang berlebihan dan tidak sehat dalam industri makanan ternak adalah alasan lain mengapa bakteri ramah tidak dapat membangun rumah di dalam usus kita. Dan, tidak banyak dari kita yang belum menggunakan antibiotik untuk suatu penyakit, pada satu waktu atau yang lain, untuk infeksi yang menyebabkan kita sakit.

Seperti yang Anda lihat, bakteri baik dapat menyerah pada serangan harian yang konstan jika tidak secara konsisten disuplai kembali.

Terakhir, jangan lupakan kesibukan gaya hidup tantangan harian yang banyak orang coba jalani. Keterampilan manajemen emosional yang buruk memiliki kemampuan untuk menyebabkan reaksi sistem saraf yang parah.

Mendiagnosis
Perlu diingat bahwa mencari tahu jika Anda memiliki IBS bisa menjadi tugas yang agak sulit. Banyak gejala dapat dikaitkan dengan gangguan pencernaan lainnya yang lebih serius. Ketika mencari nasihat medis, bersiaplah untuk ditanyai beberapa pertanyaan yang sangat tumpul dan mengganggu. Bersedialah untuk mendiskusikan gejala Anda, dan bersiaplah untuk menjalani beberapa tes yang sangat memalukan seperti memiliki barium enema, kolonoskopi, sigmoidoskopi, biopsi rektum, dan pemeriksaan tinja untuk memeriksa bakteri, darah, dan / atau parasit.

Dokter Anda akan ingin mengesampingkan kondisi kesehatan usus yang lebih serius seperti celiac atau penyakit Crohn, kanker usus besar, divertikulitis, endometriosis, impaksi tinja, keracunan makanan, diare menular, intoleransi laktosa, atau kolitis ulserativa. Minimal, harap riwayat medis lengkap Anda diambil, pemeriksaan fisik, dan tes darah.

Diet dan Suplemen vs Obat
Meskipun sakit perut bisa sangat mengganggu dan menyakitkan, namun itu tidak serius atau mengancam jiwa. Untungnya, dengan sedikit perubahan gaya hidup yang diterapkan sebagai pilihan pengobatan alami, sebagian besar penderita dapat berharap untuk menjalani kehidupan yang aktif dan produktif lagi.

Karena stres emosional dapat menjadi kontributor besar untuk mengalami kondisi ini, banyak MD akan ingin mencoba meresepkan antidepresan atau obat penenang untuk membantu menenangkan kegugupan. Jika diare adalah masalah persisten, mereka juga dapat menambahkan obat antispasmodik atau antidiare ke dalam campuran. Jika saat ini Anda menggunakan resep untuk kondisi kesehatan lain, waspadai efek samping negatif yang terkait dengan pencampuran semua obat yang berbeda ini.

Cobalah untuk lebih memahami tingkat stres emosional Anda. Dapatkan latihan fisik yang cukup, setiap hari, agar jantung Anda memompa selama sekitar 20 hingga 30 menit. Luangkan waktu untuk membiarkan diri Anda mematikan dunia di sekitar Anda selama beberapa menit setiap hari. Pelajari meditasi, yoga, atau baca literatur yang mencerahkan yang dapat mengangkat semangat Anda.

Perubahan diet dapat dengan cepat menyebabkan remisi permanen dari gejala Anda yang mengganggu. Mulailah dengan mencoba mendapatkan lebih banyak serat dalam makanan sehari-hari Anda dengan makan banyak buah dan sayuran segar, beras merah, biji rami, dan kacang-kacangan. Anda dapat mencoba menambahkan sedikit serat tambahan dari bubuk psyllium atau oat bran juga.

Perkenalkan bakteri baik ke dalam usus Anda, setiap hari, dengan mengonsumsi makanan dan minuman fermentasi buatan rumah seperti kefir, yogurt, teh kombucha, atau asinan kubis. Sejalan dengan hal yang sama, berinvestasi dalam suplemen enzim pencernaan yang baik. Melakukan dua hal ini akan membantu Anda mencerna dan menghilangkan makanan kosong yang bernutrisi atau minuman yang Anda pilih sembarangan untuk dikonsumsi. Anda dapat bertanya tentang opsi ini di toko makanan kesehatan setempat.

Disarankan untuk menambah asupan asam lemak esensial dengan mengonsumsi lebih banyak ikan air dingin, biji rami, kenari, atau mengonsumsi suplemen minyak ikan berkualitas. Pertimbangkan untuk meningkatkan kadar kalsium / magnesium Anda seperti kalsium karang untuk membantu mengendalikan kecenderungan saraf yang berlebihan.

Hindari makan dalam porsi besar, berat, dan lebih sering makan makanan sehat dalam porsi kecil. Jangan makan makanan yang Anda tahu akan menyebabkan gangguan pencernaan.

Ini mungkin tampak seperti instruksi kekanak-kanakan, tetapi Anda mungkin diberitahu ketika Anda lebih muda untuk mengunyah makanan Anda secara perlahan dan menyeluruh sebelum menelan. Pikirkan kembali, pelajari kembali, dan lakukan saja karena, penguraian makanan Anda dimulai dari mulut Anda.

Minumlah segelas penuh air sekitar satu jam sebelum Anda berencana untuk makan. Minumlah sangat sedikit selama makan, hanya yang diperlukan untuk mengompol, sesekali. Tunggu sekitar satu jam setelah makan dan minum segelas penuh air. Ini akan memberi asam lambung Anda cukup waktu untuk melakukan pekerjaan di sana, secara alami, tanpa melemahkan efeknya.

Pertimbangkan dengan serius untuk mengurangi atau menghilangkan jumlah yang diproduksi, atau menggunakan bumbu olahan dalam minuman yang biasanya Anda konsumsi. Cukup mulai mengganti ini dengan tidak lebih dari air biasa. Air melakukan pekerjaan yang luar biasa untuk menjaga limbah dan racun dipindahkan melalui usus Anda, dan air akan membantu menjaga semua sistem tubuh lainnya berjalan dengan lancar.

Tips diatas merupakan salah satu cara yang alami dan sangat mudah dipahami. Dengan memahaminya, maka kita akan terhindar dari sakit perut yang merupakan penyakit yang tidak boleh kita anggap remeh.

Berita lainnya

Leave Comment Hide Comment