Ampuh, Berikut ini Makanan dan Minuman Pereda Nyeri Haid

Minuman untuk pereda nyeri saat haid, foto (ilustrasi)
JEMBER, Beritadi.com – Nyeri haid sebagian besar terletak di daerah perut bagian bawah, dan terjadi selama periode menstruasi wanita. Hal itu biasanya disebut dengan kram menstruasi dan terjadi kapan saja setelah ovulasi hingga akhir menstruasi.

Namun, apabila nyeri haid yang berlebihan, secara medis disebut dismenore, itu menjadi tidak normal dan mengganggu aktivitas. Gejala lain yang dapat dikaitkan dengan dismenore termasuk mual, muntah, perubahan kebiasaan buang air besar (diare atau sembelit), sakit kepala, pusing, disorientasi, pingsan, kelelahan, dan hipersensitif terhadap suara, cahaya, bau dan sentuhan.

Rasa sakitnya cenderung mereda setelah aliran menstruasi secara bertahap berakhir. Namun, alangkah baiknya jika kita mengobati mulai lebih awal. Selain menggunakan obat penghilang rasa nyeri, kamu juga bisa mengambil inisiatif dengan mengonsumsi makanan dan minuman.

Baca juga: Nyeri Haid - Penyebab dan Pertolongan

Lalu, apa saja makanan dan minuman yang mampu meredakan rasa nyeri saat haid? melansir brilio.net serta dari berbagai sumber, berikut selengkapnya:

1. Cokelat (Chocolate)
Cokelat mengandung magnesium dan serat yang dipercaya mampu mengatasi nyeri haid. Makanlah beberapa potong dark cokelat selama masa menstruasi berlangsung.

2. Kacang Tanah
Ternyata, kacang tanah adalah sumber magnesium. Milansir brilio.net dari Everyday Health, magnesium dapat membantu mengatur serotonin. Mengkonsumsi kacang tanah dapat membantu mencegah kembung selama menstruasi.

3. Teh Chamomile
Teh chamomile merupakan jenis teh yang bebas kafein dan mengandung antioksidan. Teh ini berkhasiat bagi tubuh, serta dapat membantu mengurangi kejang otot, terutama saat otot perutmu kejang sehingga menjadi kram.

4. Jahe
Selain menghangatkan tubuh, jahe bisa menjadi penenang perut saat merasa mual serta menghilangkan gas dan kembung pada perut saat haid. Kamu bisa menyeduh jahe hangat di kala perutmu merasa mual, termasuk mabuk perjalanan.

Jadi, pastikan Anda mengkonsumsi makanan dan minuman yang ampuh mengatasi rasa nyeri saat datang bulan atau haid.

Berita lainnya

Leave Comment Hide Comment