Kalapas Jember: Ada 15 Tahanan yang Keluar dari Lapas

15 tahanan keluar dari Lapas di Jember
JEMBER, Beritadi.com – Selasa (10/03/2020) sebanyak 15 orang narapidana keluar dari Lapas Kelas II A Jember, Jawa Timur. Mereka bukannya kabur atau dilepas, melainkan membersihkan lahan milik Lapas 2 A Jember.

Dengan menggunakan pakaian olahraga, para tahanan itu keluar mulai pukul 08.00 hingga 17.00 WIB sore.

Seperti melansir pojokpitu.com, kegiatan ini dilakukan sebagai program asimilasi di luar lapas untuk warga binaan sesuai dengan resolusi dari Dirjen Pemasyarakatan.

Kalapas Jember, Yandi Suyandi menerangkan bahwa, mereka dilatih untuk penanaman kedelai yang dilaksanakan bekerjasama dengan mitra tani.

Sebelumnya, para tahanan itu telah memenuhi syarat dan mengikuti program yang dipersiapkan untuk membersihkan serta penanaman kedelai dilahan tersebut.

"Lahan tidur seluas 2 hektare itu selama ini tidak tergarap, oleh karena itu lapas Jember bekerja keras mengerahkan 15 warga binaan yang sudah diprogramkan," ujarnya.

Ia juga menjelaskan, bahwa lahan tersebut bukan hanya untuk penanaman kedelai, rencananya juga akan membangun usaha pencucian mobil maupun sepeda motor yang bisa dimanfaatkan sebagai salah satu program kegiatan asmilasi pembinaan diluar Lapas.

Menurut Yandi Suyandi, para tahanan sebelumnya telah berjanji dan berikrar untuk tidak melakukan hal diluar aturan lapas dan tidak akan melarikan diri.

"Mereka berjanji dan diucapkan dengan lisan bahwa mereka tidak akan melarikan diri sampai masa tahanan nya selesai," tandas Yandi Suyandi.

Berita lainnya

Leave Comment Hide Comment